Situs Download Buku Berbahasa Arab

Namanya mahasiswa, nggak selalu berkocek tebal. Apalagi kalau uang minhah [beasiswa] habis, gawat. Padahal masih ingin beli buku ini itu. Hmmm, solusi pertama, pergi ke asbakiyah [pasar loak buku bekas] di daerah Attabah [dekat kampus Al-Azhar]. Selain harga yang muuiring [sampe jatuh-jatuh :D] dan bisa ditawar, banyak buku-buku langka yang amat sulit ditemukan di toko buku [kalaupun ada, harganya muuahal].

Tapi bagi yang betah dan kuat baca buku di monitor komputer, bisa mengkopi program Maktabah Syamilah [freeware]. Ukuran databasenya bervariasi dari 14 giga sampai puluhan giga. Hanya saja agak susah mendapatkan kopiannya.

Solusi lain bagi para peminat buku yang punya koneksi internet, banyak situs yang menjajakan buku-buku berbahasa arab, dan dapat didownload gratis. Berikut alamat situs-situsnya:

1. Mushthafa Digital Library [www.al-mostafa.com]

Situs ini yang menjadi favorit nggapriel sekarang. Buku-bukunya mencakup banyak bidang [tafsir, hadits, filologi, sastra, orientalisme, dll], termasuk literatur kontemporer [mis. karya Ibrahim Madkour, Ahmad Syakir, dll]. Buku tentang filsafat dan kalam juga bisa ditemukan di sini. Untuk mencari buku, anda cukup memasukkan kata kunci di kolom search.

2. Nahdet el-Arab [arabicivilization.blogspot.com & arabicivilization2.blogspot.com]

Anda mencari buku syaikh Abdul Halim Mahmud, Mahmud Syaltut, Yusuf Qaradawi, Muhammad Imarah, Ahmad Amin, Thaha Husein, Adonis, Hasan Hanafi, Abbas Mamud Al-Aqqad, dll.? di sini tempatnya.

3. Maktabah Waqfeya [www.waqfeya.com]

Alternatif lain untuk buku berbahasa Arab. Menyediakan buku dengan berbagai topik dengan tampilah situs yang lebih mudah dipahami dan klasifikasi buku yang lebih mudah dimengerti.

4. Meshkat Islamic Network [www.almeshkat.net]

Selain buku, situs ini juga menyediakan artikel-artikel berbahasa arab, terutama mengenai akidah. Ohya, situs ini mengacu pada akidah salaf.

5. Maktabah Shamela [www.shamela.ws]

Situs ini menyediakan update buku untuk program Maktabah Syamilah. Untuk membaca buku dari situs ini, anda harus memakai program Maktabah Syamilah [yang juga disediakan di laman situs tersebut]. Statusnya freeware, jadi tidak perlu bayar untuk upgrade atau crack [waks! O.O ].

6. Dahsha Encyclopedia [www.dahsha.com]

Yang ini nggapriel dapat dari Abdillah, teman kuliah yang sejurusan [thanks bro ^ ^]. Tampilannya lumayan. Hanya saja Dahsha mengindeks buku dari situs lain [mis. al-mostafa, almeshkat].

Kalau pembaca punya komentar atau tahu situs lain yang menyediakan download buku berbahasa Arab, mari berbagi informasi di sini. Terima kasih banyak ^ ^

* halaman ini akan diupdate sesuai kebutuhan


7. Situs berbagi www.4shared.com [ditambahkan 9/1/15]

Apdetan baru, hoho :D Ternyata 4shared bukan cuma tempat download mp3, tapi juga buku. Cuma untuk mencari, lebih baik tidak menggunakan fitur pencarian yang disediakan di situsnya. Hasil pencariannya lebih sering tidak ditemukan >.< Nah, untuk mengakalinya kita bisa menggunakan Google. Caranya ketik di kolom pencarian : "site:www.4shared.com [nama file yang dicari]" (tanpa tanda kutip dan tanda kurung). Thanks :)